Jumat, 13 April 2012

CARA MEMPERBAIKI FOTO JADUL DENGAN PHOTOSHOP

Punya foto jadul yang sudah rusak dan ingin memperbaikinya? cobalah mengakalinya sendiri di rumah dengan software photoshop. Berikut step by step :


  1. Buka program photoshop di komputer PC
  2. Buka File-Import-source: jenis printer (yang kita pakai untuk proses scanner)
  3. Persiapkan printer plus scanner ,colokan kabel power dan kabel data
  4. Susun foto yang akan di scan dengan posisi vertikal
  5. Lakukan proses scan
  6. Setelah data masuk ke photoshop kita akan melihat foto sudah ada di layar photoshop
  7. Buka File-New-buat layer putih, preset : default photo size atau ukuran lain yang kita inginkan
  8. Drag foto import ke layar new dengan tombol move
  9. Perhatikan keadaan foto import yang rusak itu bagaimana kondisinya
  10. Jika bagian foto yang hilang karena jamur, pakailah tombol stamp di tool box sebelah kiri layar, caranya tekan alt + klik di daerah yang masih bagus kondisinya (proses pengambilan sample) kemudian klik di bagian yang rusak (proses pengisian sampel), ukuran brush diatur dengan menekan [ membesarkan brush atau ] mengecilkan brush. Kerjakan proses ini berulang-ulang sampai bagian yang hilang tertutup oleh hasil stamp tersebut.
  11. Jika foto berbintik2 putih coba kurangi dengan Filter-Noise-Reduce Noise
  12. Jika warna baju orang yang ada dalam foto ingin terlihat lebih "bersih" coba klik tombol dodge (lihat tool box di kiri layar cari gbr lolipop), gosok2an brush ke baju sampai hilang warna kuning atau coklatnya. Tapi jika baju berwarna gelap tapi kusam ingin lebih gelap tapi tajam, klik tombol burn (gbr tangan), sapukan brush di baju yang ingin di gelapkan warnanya.
  13. Jika sudah selesai memperbaiki foto, simpan hasilnya dalam bentuk .psd jika masih menginginkan layer tersimpan dan bisa diedit lagi di photoshop, tetapi jika sudah tidak akan ada perubahan lagi, simpanlah dalam bentuk .jpg supaya foto hasil perbaikan bisa segera dicetak

2 komentar: