Minggu, 22 April 2012

MAKANAN MEXICO

Sejak ditayangkannya telenovela dari Mexico dan negara2 Amerika Latin seperti Brazil, Venezuela, Peru, Colombia dan Argentina, saya seperti terkena magnet untuk terus menonton aktor dan artis amerika latin yang ganteng & cantik itu. Pengaruh lainnya adalah ingin mengenal dan mencicipi cita rasa kuliner dari kebudayaan latinos tersebut. Berikut adalah beberapa makanan yang sempat saya cicipi :

1. Nachos
Makanan ini biasa ada di snack corner bioskop 21, sambil menunggu pintu studio dibuka, saya pesan saja nachos yang terdiri dari keripik jagung diberi topping keju cream, lelehan keju mozarella, keju parut dan manisan cabe hijau jalapenos....ehmm enak!

2. Churros
Snack manis seperti kue kering berbentuk stick batang bergerigi yang diberi isi di dalamnya. Terbuat dari dough gandum yang digoreng, isinya bermacam-macam dari mulai selai buah, keju, vanilla, coklat, susu, kopi, lemon cream, dll. sampai bingung memilihnya. Kadang ada juga churros yang tanpa isi tapi cara makannya dicelupkan ke saus coklat atau ditaburi bubuk gula. Saya tahu cemilan ini dari acaranya si Samantha Brown sang traveler TLC yang sedang meliput traveling ke mexico. Buat saya kue churros itu terlalu manis, sehingga satu buah kue saja membuat ingin minum terus. Saya menemukan churros ini tak sengaja di sebuah cafe di lantai dasar BIP.

3. Tacos
Makanan yang terbuat dari corn tortillas berwarna kuning yang dipanggang sebentar kemudian dilipat 2 bagian dan ditengahnya diisi sayuran selada, tomat, daging cincang, saus salsa, mayonaise dan parutan keju. Banyak juga sekarang yang menjajakan tacos di  roda pinggir jalan atau dijual di stand sebuah bazzar.

Campuran fajitas, tostadas dan burritos di Amigos Pasteur

4.Burritos
Makanan ini ukurannya lebih besar dibanding tacos. Kulitnya terbuat dari wheat tortillas berwarna putih yang di panggang kemudian tengahnya diisi daging cincang, bawang bombay, tomat, paprika dan digulung persis seperti kebab turki. Satu porsi burrito setara dengan 2 atau 3 buah tacos. Pertama mencicipi burritos ketika saya menemukannya di sebuah roda yang 'eye catching' di pinggir jalan daerah Antapani. Lengkap juga jualan si mang ini, selain burrito ada juga tacos, nachos dan fajitas, hanya sayang semuanya memakai saus cabe pedas sehingga terlalu pedas untuk anak kecil.

5. Fajitas
Makanan ini mirip isi burrito tapi ukurannya sedang. Biasanya isi dagingnya dipisahkan dalam sebuah piring, baru kemudian diisikan sendiri ke tortillas dan dicocolkan ke saus salsa atau saus alpukat (guacamole). Sebenarnya fajitas lebih fokus ke hidangan dagingnya bukan kulit pembungkusnya. Untuk lidah orang Indonesia mungkin adanya daun cilantro di saus salsa akan membuat rasa yang khas dan agak sengak.

6. Main Course makanan Mexico
Saya lupa lagi nama menunya, tapi yang saya ingat porsinya besar sekali. Satu piring terdiri dari daging semur manis pedas, suwir ayam tomat, sejenis nasi goreng, kacang merah (kacang pinto) berbumbu manis gurih dan salad tomat - alpukat. Rasanya cukup familiar untuk lidah orang Indonesia, segar-segar pedas berbumbu rempah daun. Saya mencicipi makanan ini di salah satu rumah makan Mexico di Kuta Bali, tempatnya agak tersembunyi, masuk ke gang kecil kurang lebih 200 m dari jalan utama Pantai Kuta.

7. Tostadas
Seperti taco, tetapi corn tortillanya  tidak dilipat. Daging, pasta kacang merah, salada, tomat ditata di atas tortilla kemudian ditaburi dengan keju parut yang banyak dan diberi garnish paprika atau jamur.

8. Enchiladas
Seperti burritos tapi setelah dibungkus wheat tortillas kemudian dipanggang lagi dengan saus salsa atau saus tomat.
Menu di restoran Mexico

9. Pinacolada
Sejenis minuman segar yang terbuat dari juice nanas yang di-mix dengan santan segar, gula, sedikit air jeruk dan beberapa kubus kecil es batu. Biasanya disajikan dalam gelas yang diberi garnish buah nanas segar.

 
10. Margarita
Minuman berwarna kuning yang dibuat dari campuran sari tumbuhan blue agave (tequila) dengan jeruk lemon, gula dan es yang diserut. Saya memesan yang virgin margarita (margarita tanpa alkohol) di sebuah rumah makan mexico di ujung jalan Pasteur. Dalam penyajian, bibir gelasnya dilumuri dengan garam. Saya sempat merasa 'keasinan' dengan garam itu dan menurut lidah saya, minuman ini rasanya mirip dengan air manisan buah pala.


Virgin Margarita



Tidak ada komentar:

Posting Komentar