Selasa, 30 April 2013

KELILING SHINJUKU, HARAJUKU & SHIBUYA

Hari ini akan menjadi hari yang paling melelahkan selama saya di Jepang. Jadwal hari ini adalah  berkeliling ke tempat2 happening di Tokyo dengan menggunakan subway. Dari penginapan jam 10:00 pagi, sengaja untuk menghindari rush hour (rusawa-ejaan jepang) kaum pekerja kantoran. Karena penginapan saya terletak di daerah ueno, maka saya memulai perjalanan saya dari stasiun ueno.

Begitu masuk stasiun, saya mencari sign untuk Tokyo Metro (plang biru bergambar huruf M warna putih spt kupu2) dan membeli tiket di mesin tiket dengan memasukan sejumlah koin yen sesuai dengan harga yang tertera sesuai dgn stasiun yang akan kita tuju (ada keterangan di map besar sebelah atas mesin tiket). Setelah tiket keluar (tiket bentuknya persegi panjang kecil), saya mencari platform metro line untuk tujuan ke shinjuku (berganti2 line). Senang banget waktu memasukan tiket itu ke lubang kecil pintu gate, tiket langsung 'dihisap' masuk ke mesin gate dan sedetik kemudian nongol di ujung mesin tsb.

Sampai di shinjuku, saya menuju kedai Sukiya yang murmer, ada beef bowl seharga 250 yen dengan minum gratis, ocha dingin pula. Setelah puas mengisi perut, saya mampir ke beberapa toko pakaian seperti Forever 21, H&M, Uniqlo dan GU. Saya lebih prefer ke GU brand lokal jepang karena lebih cocok dengan selera saya dan lebih murah. 

sukiya di shinjuku
Setelah cuci mata clothing, saya ke TMG menuju observatory deck di lantai 48 melihat shinjuku area yang penuh gedung2 di sekelilingnya. Begitu keluar dari TMG, beberapa langkah dari situ.....BE AWARE!!! kalau melihat kucing2 gendut yg duduk manis di atas gerobak.....JANGAN MENDEKAT!!!! apalagi memfoto hewan2 tsb karena si aki2 jepun majikan kucing itu akan berteriak2 marah dengan suara yang cetar membahanaaaaa.....semprulllll!!!!!....saya kena tuh, saking kagetnya bulu kuduk saya sampai berdiri tegak spt kaktus!!!

Dari shinjuku, saya kembali naik subway lagi ke harajuku. Begitu keluar stasiun, tinggal nyebrang sedikit, saya melihat gerbang takeshita dori yang berbentuk busur. Sayang hari sudah agak gelap dan kaki sudah sakit minta ampun akibat keliling di shinjuku, sehingga saya merasa tidak maksimal di harajuku padahal tempat ini kereeennnn banget!!!. 

Karena perut kembali berbunyi, maka masuklah saya ke Mc Donald (makudonarudo-ejaan jepang) dan membeli beef burger dan orange juice. Burger ukuran small saja sudah bikin kenyang, perasaan lebih enak rasanya dibanding burger di Indonesia tercinta. Habis makan, kita bereskan sendiri bekas makan tsb dengan memasukannya ke kotak sampah yg telah disediakan. 

stasiun harajuku
Saya hanya menjelajahi setengah gang takeshita dori ini, lucu2 sekali barang2nya dan abg jepang dengan baju lolita & gyaru itu kawaiii...tapi sy tidak bisa sembarangan memotret mereka. Saya sempat membeli kaus kaki sepanjang paha warna hitam seharga 300 yen dan sempat melihat2 ke dalam toko Daiso, toko Momo, toko crepes yg harumnya kemana2 dan terpaksa cepat2 pergi dari harajuku karena masih ada satu tujuan lagi yaitu shibuya.

persimpangan shibuya
Satu kali lagi naik subway segera sampai ke shibuya. Ternyata shibuya stasiun itu ramai sekali seperti akihabara. Tentu saja kemana lagi kalau bukan ke area patung Hachiko yang kisahnya mengharu biru itu. Bergantian berfoto di samping hachiko, sayang bunga sakuranya sudah rontok. Kemudian berjalan beberapa langkah, saya mencoba menyebrang di shibuya crossing intersection yang terkenal itu. Kayak orang gak ada kerjaan, ikut menyebrang dari berbagai arah sekeliling persimpangan itu, rasanya ramai, riweuh, seru, berangin, dan selalu harus berjalan terburu2 ala orang jepang. 

Setelah kenyang hang out di shibuya, kembali saya naik subway tokyo metro ke daerah ueno yang jauh di utara tokyo tapi kali ini hanya satu kali pilih line yaitu ginza line (orange) langsung ke ueno....25 menit mengantuk dalam kereta, dan berakhirlah tugas kaki ini mengantarku keliling kota Tokyo.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar