Kamis, 18 April 2013

NAIK PESAWAT KE JEPANG

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba juga. Jadwal keberangkatan saya memakai maskapai budget tertera pukul 06:25 pagi. Dari Bandung, diantar saudaraku, berangkat pukul 10:00 malam dan sampai di terminal 3 Bandara Soetta jam 01:00 dini hari. Saya tidur2an di mobil yang diparkir tepat di depan terminal 3. Begitu jam menunjukan pukul 04:00 pagi atau 2 jam sebelum take off, saya segera menggendong ransel saya menuju ke dalam terminal 3 untuk check in sambil bye bye lebay pada para pengantar he he...

Di pintu gerbang, saya disuruh menunjukkan tiket pesawat, dan masuklah saya ke bagian screening imigrasi. Ransel, sling bag dan jacket saya masukan ke kotak yang disediakan untuk dilewatkan ke mesin screening, dan saya melewati pintu detektor. Kemudian saya segera menuju ke counter maskapai budget untuk check in. Proses check in itu sendiri adalah menyerahkan tiket pesawat dan pasport kita untuk diproses mendapatkan boarding pass yaitu semacam print bersandi yang memuat informasi jadwal terbang dan nomor kursi yang akan kita duduki di pesawat. Saya tidak menyerahkan bagasi karena tidak ada bagasi, dan jangan lupa membayar Rp 150.000 tax Airport Soetta pada proses ini.

Selesai check in, saya berjalan mengikuti sign departure ke lantai 2 zona 6 untuk keberangkatan ke kuala lumpur (KUL). Di area zona 6 saya duduk di kursi2 yang berjajar, sempat saya membeli segelas susu coklat hangat dari mesin minuman otomatis di sana. Tepat pukul 06:00, terdengar panggilan untuk segera menuju gate 6, saya serahkan passport, tiket dan boarding pass ke petugas untuk di check dan saya terus berjalan menaiki tangga pesawat dan disambut senyum para pramugari yang cantik2 sambil meminta saya memperlihatkan lembaran boarding pass.

Saya duduk dekat jendela seperti keinginan saya. Perjalanan ke KUL memakan waktu sekitar 2 jam. Saya tiba pukul 09:25 (waktu di KUL +1 jam). Segera setelah keluar dari pesawat saya menuju bagian imigrasi. Ternyata saya harus antri, panjang sekali antriannya seperti ular2an. Saya siapkan tiket dan pasport, kemudian setelah tiba giliran, saya maju ke counter imigrasi malaysia untuk di cap arrival stamp di buku passport saya.
pesawat menuju jepang
Di KUL lumayan lama menunggu keberangkatan pesawat ke Haneda sekitar 5 jam. Perut sudah berbunyi minta diisi, padahal tadi di pesawat saya membeli nasi jinggo Farah Queen dan sebotol minuman jeruk ke pramugari pesawat seharga Rp 60.000. Akhirnya saya putar2 mencari konter makanan dan saya membeli nasi lemak dan sebotol mineral water sejuk (dingin) dengan uang ringgit (saya persiapkan uang ringgit dari Indonesia kurang lebih senilai Rp 200.000). Setelah itu saya ke counter check in lagi untuk mendapat boarding pass ke Haneda.

Pukul 14:00, saya masuk ke gate departure ke Haneda, sempat passport ku ditanya2 petugas KUL karena masih blank alias kosong tapi saya berusaha tetap tenang dan senyum, akhirnya di cap juga untuk departure. Saya berjalan menuju pesawat, lebih besar pesawatnya kali ini, terdapat 9 deret kursi tiap barisnya. Saya lagi2 beruntung mendapat kursi dekat jendela spt keinginan saya.

Pesawat take off pukul 14:30, saya mencoba duduk nyaman untuk penerbangan lama pertama kalinya. Di luar jendela pesawat, saya melihat pemandangan langit dan awan2 dari mulai siang hari sampai berangsur2 menjelang sore dan kemudian gelap pekat menuju malam. Pegal sekali rasanya dan kaki rasanya dingin sekali, akhirnya pukul 23:30 (waktu japan +2) sampailah saya di Bandara Haneda.....disambut angin kencang dan hujan lebat, dan kelihatan tulisan besar neon putih "Tokyo International Airport" ....saya melongo seakan tak percaya saya barusan sudah landing di negara impian saya, Japan I am hereeeee.........!!!! (to be continued)