Sabtu, 19 Mei 2012

SATE & SOTO ENAK DI BANDUNG TIMUR

1. Sate Halimpu 

Ada sebuah warung sate sekitar jalan Soekarno Hatta, tepatnya di dekat PINDAD dan Cidurian (seberang mebel Mer) sebelum Metro Indah Mall (MTC) kalo dari arah ke Cibiru.
Nama warung sate itu adalah Sate Halimpu. Di plangnya yang berwarna hijau tua yang genjreng itu, ditulis sate halimpu yang merdu rasanya. Waahhh ada-ada aja, lidah ketuker sama telinga dong. Halimpu dalam basa sunda berarti "suara yang merdu".

Waktu itu saya memesan 10 tusuk sate kambing dan 10 tusuk sate ayam. Kambing yang digunakan adalah daging anak kambing yang bisa kita lihat tergantung di roda depan warung. Setelah menunggu sekitar 15 menit, datanglah pesananku.....dan begitu digigit, wuihhhh!!!! empuk sekali.....kedua jenis sate ini rasanya segar, juicy, tapi tidak terlalu banyak bumbu sehingga rasa dagingnya jadi jelas. 

Saya rekomended banget deh sate ini buat yang suka sate tapi males ngunyah kesana kemari dan gak suka berhubungan tusuk gigi. Soal harga, memang lebih mahal dari sate pinggir jalan yang lain, tapi secara kualitas memang oke banget.

2.  Soto Sadang

Warung Soto ini letaknya tidak jauh dari sate halimpu, tinggal lurus saja sampai kita menemukan warung ini tepat di seberang Lotte Mart Soekarno Hatta. Sekilas seperti rumah biasa di pinggir jalan, berwarna cream kuning dan di jendela depannya dipasang tirai lampit dari kayu dengan tulisan cat merah. Saya pernah mencicipi soto di daerah Sadangnya sendiri yaitu sekitar Purwakarta, tapi menurut saya rasa soto di warung ini lebih leker.


Di warung ini kita bisa memilih jenis kuah bening atau kuah santan. Sedangkan dagingnya tersedia pilihan daging sapi, ayam, atau kikil. Yang saya suka dari soto ini adalah kesegaran santannya, bumbunya yang pas, dan rasanya benar-benar segar gurih apalagi kalo ditambah acar timun bawang yang selalu ada di atas meja. Disamping itu, saya juga suka dengan minuman teh panas gratis yang harumnya seperti teh kampung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar