Minggu, 06 Mei 2012

RUMAH MAKAN SUNDA BU IMAS DI BANDUNG

Orang Bandung mah kalo makan di Bu Imas gak ada yang 'ancin' (males makan) pastilah jadi 'rewog' kayak jawara lebay pake bedog..........beberapa teman saya dari Jakarta seringnya cuma 'main' di Ampera, so saya ajak mereka ke rumah makan ini dan mereka suka sekali. Sebelumnya saya suka meng'ospek' mereka dulu dengan tantangan sambel Bu Imas yang 'manis' itu sambil menunggu reaksi dengan hitung mundur.....7,6,5,4,3,2...1 detik....Buseetttt!!!!

Bu Imas mangkal di perempatan Kebon Kalapa, sebrangan dengan Ampera Kebon Kalapa. Masing-masing punya makanan andalan dan pelanggan masing2 jadi gak bentrok gitu. Yang saya suka Bu Imas adalah ayam bakarnya yang selalu segar, baru dibakar, yang harum asapnya kemana2. Setiap antri makan, pasti sudah 90% penuh, dan saya nyelip diantara bangku panjang yang di depannya sudah terhidang berkotak2 makanan berbagai macam yang variasinya lebih banyak daripada variasi makanan yang ada di Ampera. Jadi sambil makan kita tinggal ambil2 sendiri aja lauk pauk sesuka kita dan kalau sudah beres makannya baru kita minta hitung ke si akang2nya dan bayar. Di Ampera terjadi kebalikannya, ambil2 dulu di meja parasmanan lalu ke kasir, bayar, dan kemudian baru makan.

Menurut pengalaman, setiap saya habis makan di Bu Imas lalu berdiri mau pulang, gak sampai semenit tuh bangku dah diduduki pantat orang lagi. Dan menu ayam bakarnya sekotak besar selalu habis dan minta ditambah lagi. Cuma dulu ayamnya besar2 tapi terakhir kemarin saya kesana kok jadi agak mengecil ukurannya hihihi.....meskipun antri tapi antrinya gak akan lama kok, soalnya orang yang datang ke sana memang cuma pengen makan doang, gak enak kalo dipake hangout ngalor ngidul mah....soalnya tempatnya hiruk pikuk dan sempit sih.

Masalah yang paling utama kalo makan di Bu Imas adalah masalah parkir, terutama mobil. Sekarang ada juga Bu Imas II di daerah situ2 juga, cari aja sepanjang jalan Balong Gede, parkirnya lumayan, ruangan dan bangunannya lebih representatif tapi soal rasa kok beda ya, padahal sama-sama Bu Imas. 

Dulu sebelum jadi pelanggan Bu Imas, saya suka juga makan di AA Laksana, enak juga tapi harganya agak mahal. Sejak terjadi masalah dg keluarga ownernya, namanya jadi berubah karena dipisah menjadi 2 perusahaan, kalo gak salah yang satu tetap AA Laksana dan yang baru menjadi RM Laksana. Ada juga rumah makan sunda lainnya yang terkenal seperti Ponyo tapi letaknya di pinggir kota yaitu di Cinunuk (daerah Cibiru) tapi sekarang bukan asli makanan sunda doang, ada juga makanan eropa dan berbagai kue.

Saya juga masih sering ke Ampera karena cabangnya ada di mana2, hadap-hadapan lagi jadi mudah kalo pengen makan di situ.....biasanya kalo saya malas masak di rumah, udah minta Ampera dibungkus aja. Tapi saya paling anti kalo di hangatkan dulu, karena beberapa kali ada insiden makanan ketuker atau ada item yang kurang. Mungkin karena banyak keluhan, setiap saya minta bungkus ke rumah, si teteh penjaganya selalu bilang untuk di cek lagi. Maklumlah Ampera kan bukanya sampai malem banget dan selalu rame jadi para pegawainya seperti agak kewalahan. Jadi kalau ke Bandung pengen makan masakan sunda, silahkan coba saja semua rumah makan itu, dan bandingkan sendiri mana yang paling oke......wilujeng tuang!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar